trubus.id
Tingkatkan Daya Tarik, Menpar Berdayakan UMKM Mandalika

Tingkatkan Daya Tarik, Menpar Berdayakan UMKM Mandalika

Thomas Aquinus - Sabtu, 07 Jul 2018 19:00 WIB

Trubus.id -- Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya menginginkan UMKM di Mandalika, Lombok, NTB diberdayakan agar bisa menjadi salah satu daya tarik wisata di kawasan tersebut.

Menpar Arief Yahya berharap kepada PT Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) selaku BUMN yang mengelola Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, menyinergikan UMKM dalam sentral koordinasi yang bertujuan untuk mengembangkan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di kawasan.

Baca Lainnya : Ganggu Keindahan dan Kebersihan, Wisatawan di KEK Mandalika Mengeluh tentang Anjing Liar

"Kita harapkan pertumbuhan ekonomi masyarakat di kawasan pariwisata akan lebih cepat tumbuh dan berkembang," ujar Arief dalam keterangan tertulis di Jakarta, Sabtu (7/7).

Arief secara khusus meminta agar UMKM di KEK Mandalika diberdayakan, salah satunya dengan pemberian modal, untuk mendukung Mandalika menjadi destinasi kelas dunia.

Baca Lainnya : Kurangi Emisi Karbon Dunia, Mandalika Tanam 2.800 Pohon

Selain meninjau kios-kios UMKM di Mandalika, Menpar juga berkomitmen memfasilitasi para pedagang untuk memperoleh permodalan melalui Kredit Usaha Rakyat (KUR) khusus pariwisata dari sejumlah bank BUMN.

Kawasan bisnis UMKM ini nantinya akan diberi nama The Bazaar Mandalika yang menjual berbagai produk UMKM sebagai bentuk tanggung jawab sosial terhadap warga sekitar khususnya. [NN]

Editor : Thomas Aquinus

Berita Terkait

19 Okt 2020
19 Okt 2020
15 Okt 2020