trubus.id
Bad Mood, Konsumsi Buah dan Sayur Ini

Bad Mood, Konsumsi Buah dan Sayur Ini

Ayu Setyowati - Jumat, 06 Jul 2018 20:45 WIB

Trubus.id -- Banyak hal bisa memicu timbulnya suasana hati yang jelek alias bad mood, salah satunya kekalahan tim favorit di laga Piala Dunia. Kalau mood sedang jelek, melakukan aktivitas apa pun jadi tak semangat. Untuk solusinya, buah dan sayur enak ini bisa dikonsumsi. Dijamin suasana hati kembali riang!

1. Tomat

Tomat mengandung lycopene, antioksidan yang mampu lindungi otak dan melawan inflamasi penyebab depresi. Lycopene banyak terkandung di kulit tomat karenanya konsumsi tomat cherry yang mungil bisa jadi solusi. 

Tomat cherry bisa dijadikan camilan atau dicampurkan dalam salad favorit. Kalau mau lebih efektif, konsumsi tomat cherry dengan sedikit minyak zaitun yang terbukti meningkatkan penyerapan lycopene. Pilih juga tomat organik karena kandungan lycopene-nya terbukti lebih tinggi.

2. Pisang

Buah favorit untuk sarapan ini juga ampuh meredakan mood buruk. Pisang mengandung asam amino triptofan dan vitamin A, B6 serta C. Ada juga serat, potasium, fosfor, zat besi dan karbohidrat dalam buah lembut manis ini. Karbohidrat dalam pisang yang bersifat meningkatkan mood membantu penyerapan triptofan pada otak. 

Sementara itu, vitamin B6 berperan mengubah triptofan jadi hormon peningkat mood, serotonin. Hormon ini akan membuat suasana hati lebih baik sekaligus membantu tidur lebih nyenyak. Konsumsi setidaknya pisang ukuran sedang di pagi hari atau potong-potong pisang dan campurkan dalam oat atau sereal.

3. Bayam

Murah meriah dan enak, bayam bisa jadi sayur pilihan pembangkit mood. Kandungan vitamin B yang tinggi pada bayam bisa mencegah seseorang alami depresi. Jenis vitamin B penting seperti folat, vitamin B3, B6 dan B12 juga ada pada bayam. Yang kamu butuhkan adalah secangkir bayam matang untuk dikonsumsi. Bisa dijadikan sayur bening atau salad.

4. Jeruk

Jeruk yang asam segar juga bisa jadi pilihan. Vitamin C dalam satu buah jeruk bisa mencapai hingga 1.000 mg. Jeruk juga mengandung antikosidan yang mencegah radikal bebas penyebab kerusakan sel.

5. Ubi ungu

Dari umbian, ada ubi ungu yang bisa dikonsumsi untuk atasi mood buruk. Jenis ubi ini tinggi antosianin, antioksidan yang bersifat melindungi saraf dan mengurangi inflamasi penyebab mood buruk. Kulit ubi ungu juga tinggi kandungan iodine, nutrisi penting yang bantu mengatur tiroid.

6. Blueberry

Kandungan antioksidan yang tinggi juga membuat blueberry ampuh memperbaiki mood. Antioksidan penting tersebut bernama flavonoid yang ampuh mengatur mood, memperbaiki ingatan dan melindungi otak dari penuaan. Para ahli memperkirakan ada banyak manfaat hebat lain dari blueberry. [NN]

Editor : Thomas Aquinus

Berita Terkait

20 Nov 2020
20 Nov 2020
17 Nov 2020