trubus.id
Tak Hanya Susu Kental Manis, Produk Sari Buah Juga Dipertanyakan

Tak Hanya Susu Kental Manis, Produk Sari Buah Juga Dipertanyakan

Astri Sofyanti - Jumat, 06 Jul 2018 10:15 WIB

Trubus.id -- Setelah produk susu kental manis (SKM) menjadi bahan perbincangan beberapa hari belakangan ini karena mengandung lemak serta kandungan gula yang lebih dominan ketimbang susunya, kini Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) mengapresiasi Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) yang membuat edaran tentang produk sejenis.

Baca Lainnya: BPOM Hapus Kata 'Susu' dari Produk 'Susu Kental Manis', Ini Tanggapan Menkes

Tak hanya susu kental manis, produk minuman 'sari buah' atau jus juga perlu mendapat perhatian. Klaim dan ilustrasinya yang tertera pada kemasan seolah penuh dengan kandungan sari buah, tapi nyatanya isinya lebih banyak mengandung gula. Produk sejenis itu ternyata punya karakter yang tak jauh berbeda dengan produk SKM.

"Hal seperti ini harus segera ditertibkan oleh BPOM, sebagaimana produk SKM," ucap Tulus Abadi, Ketua Pengurus Harian YLKI berdasarkan siaran pers, Jumat (6/8).

Baca Lainnya: Heboh Produk Kental Manis Membohongi Masyarakat, Ini Kata Anggota DPR Komisi IX

Meski telah menyampaikan apresiasi kepada BPOM, YLKI juga mengingatkan agar badan tersebut tidak terfokus hanya pada SKM. Selain itu, YLKI juga menyinggung dugaan BPOM terjebak 'perang dagang' dan persaingan tidak sehat antara produsen susu bubuk yang kurang berkembang sehingga SKM dijadikan 'tersangka'.

"Jika fenomena itu benar, maka kebijakan tersebut menjadi tidak sehat," ungkap Tulus. [KW]

Editor : Karmin Winarta

Berita Terkait

20 Nov 2020
20 Nov 2020
17 Nov 2020