trubus.id
Turis Bisa Nikmati Kawanan Ikan Duyung di Kepulauan Sangihe, Minat?

Turis Bisa Nikmati Kawanan Ikan Duyung di Kepulauan Sangihe, Minat?

Astri Sofyanti - Jumat, 06 Jul 2018 10:00 WIB

Trubus.id -- Mamalia air yang hidup diperairan dangkal ini atau lebih dikenal ikan dugong (Dugong dugon) ini masuk ke dalam daftar satwa dilindungi.  Makhluk unik yang juga dikenal sebagai ikan duyung ini menjadi ikon wisata di Manado, Sulawesi Utara. 

Hal itu dibenarkan oleh Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Kepulauan Sangihe Sulawesi Utara, Ernist Heber Unas, yang menyatakan larangan bagi masyarakat untuk menangkap ikan duyung.

Baca Lainnya: 40 Pendamping Siap Bimbing Koperasi dan UKM di Sulut

"Ikan Duyung adalah satwa yang dilindungi. Selain itu, keberadaannya kini hampir punah sehingga harus kita dilestarikan bersama," ujar Ernist di Manado, Jumat (6/7).

Sebagai informasi dugong sendiri banyak berkembang biak di perairan Kepulauan Sangihe. Salah satu habitatnya adalah perairan Kecamatan Nusa Tabukan.

Mamalia satu ini bahkan biasa mencari makan di pesisir Pantai Kampung Likuang Tabukan Utara saat pagi hari. Jika senja datang, biasanya kawanan duyung akan bermigrasi kembali ke Nusa Tabukan.

Baca Lainnya: Tingkatkan Inovasi, Pelaku UKM Sulut Harus Didorong

Tak hanya warga, para wisatawan pun datang ke daerah ini untuk melihat kawanan dugong. Sehingga Ernist berharap, mamalia ini bisa menjadi objek wisata bahari Kepulauan Sangihe.

Untuk itu, pihaknya berharap keberadaan Dugong bisa menjadi salah satu objek wisata bahari di Kabupaten Kepulauan Sangihe, Sulawesi Utara.[KW]

Editor : Karmin Winarta

Berita Terkait

07 Sep 2020
31 Agu 2020
28 Agu 2020