trubus.id
BUMDes di Bandung Bantu Pelaku UMKM Tak Terjerat Rentenir

BUMDes di Bandung Bantu Pelaku UMKM Tak Terjerat Rentenir

Ihsan Maulana - Jumat, 06 Jul 2018 09:30 WIB

Trubus.id -- Bupati Bandung, Dadang M Naser meminta, para pelaku Usaha Kecil Mikro dan Menengah (UMKM) di wilayahnya, khususnya yang berada di pedesaan, agar tidak meminjam uang kepada rentenir, apalagi yang mematok dengan bunga cukup besar.

“Saya imbau kepada masyarakat, terutama para pelaku UMKM, agar tidak terlibat dengan bank keliling (rentenir). Walaupun lebih cepat pelayanannya dari bank syariah atau bank konvensional, namun bunga yang dikenakan sangat memberatkan,” kata Dadang dalam acara Launching Lokakarya dan Pelantikan Pengurus Organisasi Satuan Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (Orsat ICMI), di Gedung Mohamad Toha Soreang, baru-baru ini.

Baca Lainnya : Bekraf: Tarif Pajak Baru Buka Peluang UMKM Untuk Ekspansi Bisnis

Ia menambahkan, ICMI melalui Baitul Maal wat Tamwil (BMT), bisa menjadi kepanjangan tangan dari perbankan syariah yang nanti akan bermitra dengan tiap BUMDes. Diharapkan, dengan kemitraan ini bisa mengubah kebiasaan masyarakat untuk tidak meminjam uang kepada rentenir tersebut.

“Jadi BUMDes harus ada di setiap desa yang sistemnya sama seperti koperasi. Sedangkan ICMI melalui BMT dapat berperan dalam pemberdayaan BUMDes, karena merupakan kepanjangan tangan dari perbankan syariah untuk menjangkau pelaku usaha di Kecamatan bahkan sampai Desa, sehingga masyarakat bisa terhindar dari jeratan rentenir,” tegasnya.

Baca Lainnya : Pelaku UMKM Terbaik di Tanah Air Berpeluang Mendapatkan Smesco Award Tahun Ini

Selain itu, Dadang menilai BUMDes bisa meminimalisir angka pengangguran, terlebih di daerah pedesaan.

“BUMDes ini juga bisa menyerap tenaga kerja sehingga mengurangi angka pengangguran terutama bagi warga desa. Nilai bisnis di setiap desa juga bisa ditingkatkan melalui kerja sama permodalan dengan perbankan, terutama perbankan syariah,” tandasnya. [NN]

Editor : Thomas Aquinus

Berita Terkait

12 Jan 2021
24 Des 2020
21 Des 2020