trubus.id
4 Destinasi Wisata di Kulon Progo Terbelit Masalah Sampah

4 Destinasi Wisata di Kulon Progo Terbelit Masalah Sampah

Ihsan Maulana - Kamis, 05 Jul 2018 11:30 WIB

Trubus.id -- Dinas Pariwisata Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, akan menyiagakan lima kontainer bak sampah yang tersebar di empat objek wisata setempat dalam menanggulangi permasalahan sampah.

Kepala Bidang Pemasaran Dinas Pariwisata (Dispar) Kulon Progo,  Yudono Hendri Atmoko menyebutkan, keempat objek wisata yang akan disediakan kontainer bak sampah itu adalah, Pantai Glagah, Pantai Trisik, Pulepayung, serta Kalibiru.

"Memang persoalan sampah ini termasuk satu dari beberapa masalah yang membelit sektor pariwisata di Kulon Progo, terutama di Pantai Glagah ya," ujar Yudono, Kamis (5/7).

Ia menambahkan, saat ini pihaknya telah berkoordinasi dengan lintas Organisasi Perangkat Daerah (OPD), dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) dan Dinas Pekerjaan Umum, Perumahan dan Kawasan Permukiman untuk membahas pengelolaan sampah dan bantuan kontainer bak sampah di objek wisata.

Selanjutnya, lima kontainer itu akan disebar di Pantai Glagah sebanyak dua kontainer, di Pantai Trisik satu kontainer, di Pulepayung dan Kalibiru masing-masing satu unit.

"Untuk bantuan kontainer sampah berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah 2018 milik DLH," sambungnya.

Selain itu, DPUPKP juga akan menambah frekuensi pengambilan sampah, agar tidak menumpuk dan menyebabkan bau busuk.

"Jika biasanya seminggu sekali, ke depan bisa dua sampai tiga kali," tandasnya.

Ia menilai, permasalahan sampah ini akibat dari buruknya perilaku pelaku wisata dan wisatawan yang suka membuang sampah sembarangan.

Editor : Karmin Winarta

Berita Terkait

07 Sep 2020
31 Agu 2020
28 Agu 2020