trubus.id
Sukses, Festival Bakar Tongkang di Riau Dikunjungi 69 Ribu Wisatawan

Sukses, Festival Bakar Tongkang di Riau Dikunjungi 69 Ribu Wisatawan

Diah Fauziah - Rabu, 04 Jul 2018 19:30 WIB

Trubus.id -- Festival Bakar Tongkang yang menjadi tradisi turun temurun di Bagansiapiapi, Kabupaten Rokan Hilir, Riau, telah dilakukan pada Sabtu (30/6) lalu. Event ini kian sukses dari tahun sebelumnya karena berhasil menyedot perhatian 69 ribu wisatawan, baik lokal ataupun mancanegara.

Menurut Kepala Dinas Pariwisata Riau, Fahmi Usman, ribuan wisatawan itu terdiri dari 29 ribu pelancong mancanegara dan sisanya merupakan wisatawan domestik.

"Jumlah ini diperoleh dari data yang dikumpulkan panitia festival," kata Fahmi kepada wartawan, Rabu (4/7).

Baca Lainnya : Beragam Kegiatan di Festival Bakar Tongkang

Data yang dikumpulkan panitia berdasarkan hitungan tamu kamar hotel dan jalur masuk transportasi selama event ini dilaksanakan, mulai Kamis (28/6) hingga Sabtu (30/6).

"Jumlah ini meningkat dari tahun sebelumnya. Tahun lalu ada 59 ribu wisatawan," katanya.

Fahmi mengatakan jika festival bakar tongkang mendapat apresiasi dari Ketua pelaksana Top 100 Calender of Event (CoE) Wonderful Indonesia Kementerian Pariwisata, Esthy Reko Astuti. Bakar tongkang telah terbukti menjadi salah satu atraksi utama pariwisata Indonesia.

Baca Lainnya : Bakar Tongkang, Tradisi Menghormati Leluhur Tionghoa yang Datang ke Bagansiapiapi  

"Kementerian senang karena event ini sukses menyedot wisatawan datang," kata Fahmi.

Ritual bakar tongkang adalah acara budaya yang dilakukan untuk memperingati kehadiran masyarakat Tionghoa ke Bagansiapiapi pada tahun 1820 silam. Melalui ritual ini, masyarakat Tionghoa juga berjanji untuk mengembangkan diri di kota yang punya julukan Hong Kong Van Andalas. [DF]

Editor : Diah Fauziah

Berita Terkait

20 Nov 2020
20 Nov 2020
17 Nov 2020