trubus.id
Pemkot Balikpapan Resmi Larang Semua Ritel Pakai Kantong Plastik

Pemkot Balikpapan Resmi Larang Semua Ritel Pakai Kantong Plastik

Astri Sofyanti - Rabu, 04 Jul 2018 10:30 WIB

Trubus.id -- Penerapan larangan pengunaan kantong plastik mulai dilakukan di beberapa daerah di Indonesia, salah satunya Balikpapan, Kalimantan Timur. Bahkan terhitung sejak Selasa (3/7) Pemerintah Kota (Pemkot) Balikpapan melarang seluruh ritel modern memberikan kantong plastik sebagai kemasan belanjaan kepada konsumen. Pelarangan tersebut dituangkan dalam Peraturan Wali Kota Nomor 8 Tahun 2018.

“Kita lihat dulu di pasar modern, nanti baru kita lanjutkan ke pasar-pasar tradisional,” jelas Walikota Rizal Effendi di Balikpapan, Rabu (4/7).

Dengan penerapan pelarangan kantong lastik, Rizal berharap pelarangan ini tidak menjadi beban baik oleh pelaku usaha maupun masyarakat konsumen.

Menurutnya masyarakat yang terbiasa mudah membawa barang belanjaan dengan kantong plastik yang diberikan toko, harus mengubah kebiasaan itu dengan membawa kantong belanja sendiri.

Baca Lainnya: Menelisik, Alternatif Asyik Pengganti Sedotan Plastik

Lebih lanjut Rizal mengatakan, pengusaha harus melayani pelanggan, seperti selama ini yang memudahkan konsumen dengan menyediakan kantong belanja plastik. Mereka harus mengingatkan pada konsumen, plastik adalah bahan yang susah terurai jika dibuang ke alam.

"Jadi target kita mengurangi sampah plastik, dimulai dari kantong plastik belanjaan ini," paparnya.

Sebagai gantinya, toko menyediakan kardus atau kotak karton untuk pelanggan yang belanja dengan jumlah banyak. selain itu masyarakat juga dianjurkan membawa kantong belanja sendiri.

Sampah plastik diketahui memerlukan ratusan tahun untuk bisa terurai dan hancur, sehingga dikhawatirkan lama-kelamaan akan memenuhi ruang hidup manusia.

Balikpapan menjadi kota kedua di Pulau Kalimantan yang menerapkan aturan larangan penggunaan kantong belanja plastik.[KW]

Editor : Karmin Winarta

Berita Terkait

12 Jan 2021
24 Des 2020
21 Des 2020