trubus.id
Kolesterol Sedang Tinggi, Konsumsi 5 Buah Ini

Kolesterol Sedang Tinggi, Konsumsi 5 Buah Ini

Ayu Setyowati - Senin, 02 Jul 2018 21:00 WIB

Trubus.id -- Masih dalam euforia Idulfitri dengan konsumsi makanan tinggi lemak? Hati-hati kolesterol, loh. Sekadar mengingatkan lagi, kolesterol yang tinggi juga berhubungan dengan penyakit jantung hingga stroke.

Ada dua jenis kolesterol. HDL (High density lipoproteins) yang diklasifikasikan sebagai kolesterol baik. Sangat penting mengoptimalkan fungsi tubuh yang juga dapat mengangkut limbah dan racun untuk diproses di hati.

Sedangkan LDL (Low density lipoprotein) dikenal sebagai kolesterol jahat. Nah, kolesterol jahat ini bisa membentuk lapisan plak di dinding arteri, menyulitkan aliran darah. Jika hal ini terjadi, kemungkinan akan berlanjut ke tekanan darah tinggi hingga stroke.

Baca Lainnya : Stroberi, Buah dengan Residu Pestisida Paling Banyak

Jika Trubus Mania mengalami kolesterol yang sedang tinggi, lima jenis buah ini sangat baik dikonsumsi agar tubuh tetap sehat dan dapat menormalkan kembali kadar kolesterol dalam darah.

Apel

Salah satu buah yang memiliki segudang manfaat. Tak hanya membantu melancarkan pencernaan, tapi juga mengatur kadar kolesterol dalam darah. Menurut buku Healing Foods, ada serat pektin dalam apel dan beberapa kandungan lain seperti antioksidan polifenol. Kandungan ini dapat mengurangi kadar kolesterol LDL yang tidak sehat dan memperlambat proses oksidasi dalam tubuh. Oksidasi merupakan faktor risiko aterosklerosis, kondisi yang ditandai dengan arteri mengeras.

Baca Lainnya : Cegah Perubahan Iklim, Konsumsi Buah Bernasib Tragis Ini

Alpukat

Buah ini sangat dianjurkan untuk pasien dengan tekanan darah tinggi. Mengandung sumber antioksidan yang tinggi seperti vitamin K, C, B5, B6, E dan lemak tak jenuh tunggal yang dapat menjaga jantung tetap sehat dan kurangi risiko stroke. Selain itu, alpukat juga bisa mengatur kadar kolesterol LDL dan HDL serta trigliserida darah agar tetap normal.

Jeruk

Jenis buah jeruk seperti lemon, jeruk limau dan jeruk Bali juga dapat mengendalikan kadar kolesterol. Menurut buku Healing Foods, buah jeruk mengandung hesperidin yang dapat mengurangi gejala hipertensi, pektin (serat) dan senyawa limonoid yang dapat memperlambat aterosklerosis (pengerasan arteri) dan mengurangi kolesterol tidak sehat (LDL) di dalam darah. Jeruk juga mengandung antioksidan berupa flavonoid yang dapat menurunkan risiko stroke pada wanita.

Baca Lainnya : 7 Varietas Unggul Buah Anggur Indonesia, Tidak Kalah dari Impor

Tomat

Buah tomat segar mengandung beberapa vitamin seperti A, B, K dan C. Tomat juga sangat baik untuk kesehatan mata, kulit dan jantung. Buah ini juga kaya akan potasium yang dianggap sebagai makanan ramah hati. Juga dapat menurunkan kolesterol, tekanan darah dan risiko stroke.

Pepaya

Buah kaya serat ini bisa membantu mengontrol tekanan darah dan juga mengatur kadar kolesterol tidak sehat (LDL) dalam darah. Menurut United States Department of Agriculture (USDA), satu buah besar pepaya dengan berat sekitar 780 gram memiliki sekitar 13 hingga 14 gram serat. Asal Trubus Mania tahu, serat tidak hanya bisa membuat pencernaan lebih lancar tapi juga sangat baik untuk membantu menormalkan kadar kolesterol dalam darah. [DF]


 

Editor : Diah Fauziah

Berita Terkait

20 Nov 2020
20 Nov 2020
17 Nov 2020