trubus.id
Unik, Museum Seni di Jepang Ini  Punya Jam Buka Suka-Suka

Unik, Museum Seni di Jepang Ini Punya Jam Buka Suka-Suka

Karmin Winarta - Senin, 02 Jul 2018 21:30 WIB

Trubus.id -- Museum-museum di Indonesia mempunyai jam buka tertentu, biasanya dari jam 9 sampai jam 5 sore dan hari Senin Libur. Namun apa yang terapkan di sebuah museum seni di Jepang ini sungguh berbeda dengan museum manapun di dunia. 

Jika Trubus Mania pergi ke Jepang dan mampir ke Kyoto, sempatkan berjalan-jalan dan menemukan sebuah bangunan yang berada di perumahan yang tenang. Rumah kecil itu tidak jauh dari Kuil Kennin. Rumah yang dijadikan museum dengan satu kamar inilah Museum seni Ukiyo-e, atau lukisan woodblock. Museum kecil yang terletak di twon house ini dikelola oleh sebuah keluarga. 

Museum ini tercatat sebagai museum seni  terkecil di dunia.

Museum Ukiyoe dimiliki dan dikelola oleh Ichimura Mamoru, salah satu seniman ukiyo-e terakhir yang  tersisa di Jepang. Bentuk seni yang unik ini pertama kali muncul pada akhir abad keenam belas. Tema lukisan biasanya menggambarkan kehidupan sehari-hari.

Baru pada abad kedelapan belas ukiyo-e menjadi bentuk seni yang populer berkat kemajuan teknik pencetakan kayu. Subjek cetakan juga berubah dari adegan sehari-hari menjadi perempuan cantik, aktor kabuki, pegulat sumo, sejarah dan cerita rakyat, traveling, flora dan fauna, serta erotika.

Seni dengan gaya menawan ini pengaruhnya ternyata menyebar jauh ke Eropa. Van Gogh dan Monet mendapatkan inspirasi melukis dari gaya unik ini.

Amusingplanet menulis, Ichimura Mamoru melakukan latihan melukis di ukiyo-e pada usia yang sangat muda dari kakeknya. Mamoru menggantikan kakeknya sejak lima puluh tahun yang lalu. Pada awal 2000-an ia membuka museum untuk menyebarkanseni unik yang hampir mati ini. 

Membuat lukisan di sebuah kayu melalui beberapa tahapan. Pertama desain lukisan dibuat di sebuah kertas lalu dipahat di sebuah balok kayu. Kemudian tinta yang berwarna-warni dioleskan kedalam blok kayu. Seni ini biasanya melibatkan beberapa pengrajin.

Namun Ichimura Mamoru mampu melakukan semuanya sendiri. Mulai membuat desain, mengukir dan mencetaknya ekaligus. Seluruh proses tersebut membutuhkan banyak waktu dan tenaga, tetapi setelah blok lukisan sudah selesai, hal ini menjadi mudah ketika lukisan ini mau diproduksi secara massal.  

Museum Ichimura Mamoru menjadi sangat populer beberapa tahun lalu ketika memasang lukisan unik di depan museum. Lukisan tersebut menarik perhatian netizen. Sejak saat itu museum kecil ini bisa menikmati ketenaran.

Museum ini buka suka-suka. Seperti tulisan yang dipasang di depan Museum, Museum buka ketika pemiliknya sudah bangun dan akan tutup jika pemiliknya ngantuk dan ingin tidur. Unik kan? [KW]

 

Editor : Karmin Winarta

Berita Terkait

20 Nov 2020
20 Nov 2020
17 Nov 2020