trubus.id
Gelang Calon Jamaah Haji Ternyata Dibuat IKM di Jateng

Gelang Calon Jamaah Haji Ternyata Dibuat IKM di Jateng

Ihsan Maulana - Senin, 02 Jul 2018 11:00 WIB

Trubus.id -- Kasubag Informasi dan Humas Kanwil Kementerian Agama Sumatera Selatan, Saefudin Latief menyatakan, proses pembuatan gelang jamaah calon haji, ternyata dibuat oleh sektor industri kecil di Jawa Tengah.

Ia menambahkan, sejumlah pejabat Kementerian Agama sudah meninjau pembuatan gelang untuk calon jamaah haji, yang dibuat oleh industri rumahan di Jawa Tengah itu.

"Tapi walaupun dikerjakan oleh industri menengah, tetapi kualitasnya cukup baik, ini berarti industri rumahan di Jepara mampu menghasilkan gelang haji yang kualitasnya cukup tinggi," ujarnya di Palembang, Senin (2/7).

Baca Lainnya: Revolusi Industri 4.0 Harus Mengutamakan Pembangunan Berkelanjutan

Saefudin mengaku, tujuan pelibatan industri kecil dan menengah ini adalah untuk menghidupkan kelompok usaha rumahan, yang turut menyertakan banyak keluarga.

Untuk proses pemotongan gelang berbahan logam itu, diawali dengan pemotongan lembaran baja menjadi batangan gelang, yang dilakukan di salah satu pabrik pengolahan logam di Kudus, kemudian proses akhirnya dilakukan di Jepara.

Gelang ini akan dibagikan kepada setiap calon haji, termasuk calon jemaah haji yang diberangkatkan dari Embarkasi Palembang.

 

Editor : Karmin Winarta

Berita Terkait

01 April 2020
01 April 2020
31 Mar 2020

Baca Juga

Berita Lainnya