trubus.id
Kiat » Revolusi Industri 4.0 Harus Mengutamakan Pembangun...
Revolusi Industri 4.0 Harus Mengutamakan Pembangunan Berkelanjutan

Revolusi Industri 4.0 Harus Mengutamakan Pembangunan Berkelanjutan

Astri Sofyanti - Sabtu, 30 Jun 2018 18:00 WIB

Trubus.id -- Transformasi teknologi yang semakin pesat merupakan tantangan dalam mencapai pembangunan berkelanjutan, sustainable development. Untuk itu, dalam menghadapi era Revolusi Industri 4.0 diperlukan sumber daya manusia yang unggul serta mampu menciptakan inovasi.

Menurut Prof. Dr. Yosa Istiadi yang juga seorang dosen pascasarjana Universitas Pakuan, Prodi Managemen Lingkungan Hidup, era Revolusi Industri 4.0 juga masuk ke dalam perspektif pembangunan berkelanjutan yang tak boleh ditinggalkan. Hal ini memungkinkan terciptanya kolaborasi dan sinergi untuk mencari solusi dan aksi demi mewujudkan pembangunan berkelanjutan.

Baca Lainnya : Presiden Jokowi Ingin Pelaku UMKM Cepat Adaptasi Dengan Revolusi Industri 4.0

"Kita harus memikirkan generasi yang akan datang juga bisa merasakan yang ada saat inu. Selain itu, kepedulian dengan lingkungan juga harus kita terapkan," ucap Yosa ketika memberikan Seminar Sustainable Development di Universitas Pakuan Bogor, Sabtu (30/6).

Menurutnya, pemerintah jangan hanya fokus pada pembangunan berkelanjutan secara fisik saja, namun juga harus meningkatkan sumber daya manusia yang bisa menyesuaikan perubahan yang terjadi saat ini. Program pembangunan berkelanjutan secara nasional juga dilakukan untuk menciptakan pertumbuhan ekonomi inklusif dan berkelanjutan, dengan memberikan efek tersedianya lapangan pekerjaan. [DF]
 

Editor : Diah Fauziah

Berita Terkait

29 Jan 2021
12 Jan 2021
24 Des 2020