trubus.id
Kekinian, Informasi Pangan Bersubsidi Bisa Diakses Via Aplikasi

Kekinian, Informasi Pangan Bersubsidi Bisa Diakses Via Aplikasi

Astri Sofyanti - Selasa, 26 Jun 2018 16:45 WIB

Trubus.id -- Dalam waktu dekat, Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Perikanan (DKPKP) DKI Jakarta akan meluncurkan sebuah aplikasi yang bisa menampilkan informasi mengenai pangan bersubsidi di Jakarta berbasis teknologi digital. Hal tersebut diungkapkan Kepala DKPKP DKI Jakarta, Darjamuni.

"Peluncuran aplikasi pangan bersubsidi ini bisa menjadi salah satu bagian dari rangkaian sistem informasi ketahanan pangan yang sedang dibangun oleh Dinas KPKP DKI Jakarta," kata Darjamuni di Jakarta, Selasa (26/6).

Baca Lainnya : Sandiaga: Pemprov DKI Berhasil Kendalikan Harga Pangan Selama Lebaran

Menurutnya, aplikasi ini bisa memberikan informasi kepada masyarakat seputar harga, stok, keamanan, dan kerawanan pangan serta program subsidi pangan yang djalankan oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta.

Untuk itu, pihaknya berharap penggunaan aplikasi ini bisa mengurangi administrasi yang berkaitan dengan proses pencairan subsidi pangan sekaligus mempercepat proses pencairan dana subsidi pangan ke Badan Usaha Milik Daerah (BUMD).

"Aplikasi ini nantinya bisa digunakan para stakeholders yang terlibat dalam kegiatan distribusi pangan bersubsidi, seperti PD Dharma Jaya, PT Food Station Tjipinang Jaya, PD Pasar Jaya dan Dinas KPKP DKI Jakarta," sambungnya.

Sejumlah keuntungan memanfaatkan aplikasi pangan bersubsidi tersebut dikatakan Darjamuni, di antaranya mempermudah proses rekonsiliasi serta verifikasi data transaksi penjualan dengan lebih cepat dan efektif.

Baca Lainnya : Wagub DKI Harap, Toko Daging Oke Oce Bisa Sediakan Bahan Pangan Murah

Selain itu, informasi tentang stok dan distribusi pangan juga lebih cepat, sehingga akan mempermudah pemantauan stok atau ketersediaan pangan di setiap lokasi distribusi.

“Aplikasi yang dinamai Sistem Informasi Pangan Bersubsidi (SIPB) tersebut telah selesai dibangun dan siap untuk uji coba pada Juli 2018 mendatang,” tutupnya. [RN]

Editor : Syahroni

Berita Terkait

26 Okt 2020
19 Okt 2020
19 Okt 2020