trubus.id
Peristiwa » Potensi Gelombang Laut 3,5 Meter, Basarnas Jogja S...
Potensi Gelombang Laut 3,5 Meter, Basarnas Jogja Siaga di Pantai Selatan

Potensi Gelombang Laut 3,5 Meter, Basarnas Jogja Siaga di Pantai Selatan

Ihsan Maulana - Jumat, 22 Jun 2018 15:00 WIB

Trubus.id -- Badan Pencarian dan Pertolongan/Badan SAR Nasional (Basarnas) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) saat ini terus meningkatkan kesiagaan di sepanjang pantai Selatan, terlebih setelah adanya peringatan gelombang laut setinggi 3,5 meter di daerah itu.

"Untuk itu, kami meningkatkan pengawasan dan patroli seiring peringatan BMKG mengenai gelombang tinggi dan cuaca buruk," ujar Kepala Kantor Basarnas DIY, Supriono di Yogyakarta, Jumat (22/6).

Supriono menambahkan, personel Basarnas DIY yang bekerja sama dengan SAR gabungan telah disebar ke seluruh penjuru pantai Selatan, seperti Gunung Kidul tepatnya di kawasan Pantai Baron hingga Indrayanti.

Baca Lainnya : Dihantam Gelombang Tinggi, Nelayan Pantai Selatan DIY Tidak Berani Melaut

"Untuk Kantor SAR Yogyakarta, kita melakukan pantauan 'mobile' di Pantai Parangtriris, Pantai Depok, dan Parangkusumo. Begitu juga satu tim lagi kita tempatkan di Kulon Progo," paparnya.

Ia mengimbau masyarakat terutama nelayan, agar sebaiknya tidak melakukan aktivitas melaut selama gelombang laut masih tinggi.

"Kalau tidak memungkinkan berlayar mencari ikan, ya tidak usahlah dilakukan. Kita sudah melakukan preventif himbauan kepada para nelayan supaya tidak melaut lebih dulu," katanya.

Baca Lainnya : BMKG: Waspada, Hujan Lebat dan Gelombang Tinggi Berpotensi Terjadi Yogyakarta

Sebelumnya, BMKG Yogyakarta  memprediksi gelombang tinggi di perairan laut Selatan Yogyakarta sampai tanggal 23 Juni mencapai dua hingga 3,5 meter.

Kepala Stasiun Klimatologi BMKG Yogyakarta, Agus Sudaryatno menyebutkan, peningkatan tinggi gelombang laut di kawasan itu dipicu kondisi atmosfer, dimana ada belokan angin serta intrusi udara basah yang masuk ke wilayah Yogyakarta. [NN]

Editor : Thomas Aquinus

Berita Terkait

29 Jan 2021
12 Jan 2021
24 Des 2020