trubus.id
Peristiwa » Isu Keselamatan Masih Jadi Fokus Utama Jasa Pariwi...
Isu Keselamatan Masih Jadi Fokus Utama Jasa Pariwisata Kita

Isu Keselamatan Masih Jadi Fokus Utama Jasa Pariwisata Kita

Astri Sofyanti - Jumat, 22 Jun 2018 08:15 WIB

Trubus.id -- Dinas Pariwisata sampai saat ini masih terus melakukan sosialisasi kepada para pelaku jasa pariwisata untuk selalu mengutamakan keamanan dan keselamatan wisatawan.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman, Sudarningsih yang mengatakan keamanan dan keselamatan adalah halyang utama.

“Kami juga sudah beberapa kali melakukan pembinaan kepada para pelaku jasa pariwisata baik itu jip wisata maupun penyedia wisata `out bond` dan lainnya untuk mengutamakan keamanan dan keselamatan," ucapnya di Sleman, Jumat (22/6).

Menurutnya pihak Kementerian Pariwisata pusat juga sudah pernah datang ke Kabupaten Sleman dan melakukan sosialisasi soal keamanan angkutan wisata.

"Sosialisasi tersebut terkait bagaimana keamanan produk pelayanan jasa pariwisata dan `Standar Operational Procedur (SOP) dari layanan jasa pariwisata," sambung Sudarningsih.

Lebih lanjut ia menjelaskan terkait dengan pembinaan jasa pariwisata jip wisata baik yang ada di lereng Gunung Merapi atau di objek wisata Taman Tebing Breksi Prambanan, pihaknya juga terus melakukan pembinaan dan sosialisasi melalui masing-masing asosiasi yang menaungi jasa pariwisata.

"Pembinaan tidak henti-hentinya kami lakukan, hanya saja untuk jip wisata di lereng Merapi yang sampai saat ini jumlahnya lebih dari 800 unit aramada, memang cukup sulit dalam pembinaan dan pengawasannya. Kemudian di Taman Tebing Breksi sebanyak 70 armada sehingga lebih mudah dalam pembinaan serta pengawasannyua," tambahnya.

Untuk itu, pihaknya juga terus mengimbau kepada pelaku jasa jip wisata untuk menghindari jalur-jalur yang bermanuver demi keselamatan para wisatawan. 

Editor : Karmin Winarta

Berita Terkait

29 Jan 2021
12 Jan 2021
24 Des 2020