trubus.id
Travel » Eloknya Pantai Nampu, Destinasi Wonogiri yang Perl...
Eloknya Pantai Nampu, Destinasi Wonogiri yang Perlu Dikunjungi

Eloknya Pantai Nampu, Destinasi Wonogiri yang Perlu Dikunjungi

Karmin Winarta - Rabu, 20 Jun 2018 14:25 WIB

Wonogiri dikenal dengan wilayahnya yang bergunung-gunung. Tak banyak yang mengetahui, Kabupaten di pesisir selatan Jawa ini mempunyai banyak pantai yang indah. Salah satu pantai yang wajib dikunjungi adalah Pantai Nampu. Lainnya ada pantai Teleng Ria, Banyutowo dan empat lainnya.

Pantai Nampu berada di pantai Selatan yang terkenal dengan ombaknya yang ganas. Namun di pantai yang berpasir putih ini, ombaknya cukup tenang. Namun sesekali datang juga ombak yang lebih besar. Pantai ini berlokasi di  Dringo, desa Gunturharjo, Paranggupito, Wonogiri.  

Hamparan pasir putih di sepanjang pantai dan air laut yang jernih menjadi salah satu daya tarik pantai Nampu. Sampai sekarang pantai ini masih belum banyak dikunjungi wisatawan, sehingga keasliannya masih terjaga.

Pantai ini berada di bawah tebing curam yang diselimuti tumbuhan khas pantai. Untuk sampai ke bibir pantai, pengunjung harus menuruni anak tangga yang cukup curam. Namun tidak panjang, hanya sekitar 100 meter saja.

Di Pantai Nampu pengunjung bisa menikmati desau angin yang dibawa ombak yang bergulung-gulung dan bebatuan yang menjulang seperti rumah raksasa di bagian kiri pantai. 

Dari Wonogiri Kota, perlu perjalanan sekitar 3 jam untuk menuju ke pantai yang menghadap Samudera Hindia ini. Namun Trubus Mania jangan khawatir, akses menuju ke tempat ini jalannya sudah mulus, beraspal. Di sepanjang jalan yang meliuk-liuk naik turun ini, pengunjung bisa melihat pemandangan yang tak biasa. Yakni tanah-tanah tegalan di bawah gunung atau batu-batu karang. 

Unik kan, batu karang di puncak gunung?

Suasana pantai masih asli, masih alami, belum ada sentuhan dari pihak yang terkait. Hal ini nampa dengan adanya tempat mandi, toilet yang seadanya. Selain itu belum disediakan juga tempat sampah yang memadai agar pengunjung berdisiplin membuang sampah pada tempatnya. 

Saat Trubus.id berkunjung ke Pantai Nampu, suasana sangat sepi, karena masih dalam suasana puasa. Sehingga tak ada satu pun pedagang makanan, minuman atau souvenir yang buka. Tertarik ke sana? Tak ada angkutan umum untuk sampai ke pantai indah ini. [KW]

 

Editor : Karmin Winarta

Berita Terkait

29 Jan 2021
12 Jan 2021
24 Des 2020