trubus.id
Peristiwa » Libur Lebaran, Pemkab Gunung Kidul Bidik 300 Ribu...
Libur Lebaran, Pemkab Gunung Kidul Bidik 300 Ribu Pengunjung 

Libur Lebaran, Pemkab Gunung Kidul Bidik 300 Ribu Pengunjung 

Ihsan Maulana - Minggu, 10 Jun 2018 11:05 WIB

Trubus.id -- Memasuki masa libur Lebaran, Pemerintah Kabupaten Gunung Kidul DIY, membidik sebanyak 300.000 pengunjung, serta menyumbang Pendapatan Asli Daerah (PAD) Rp2,6 miliar.

Kepala Dinas Pariwisata Gunung Kidul, Asti Wijayanti mengatakan bahwa, saat ini seluruh objek wisata di daerahnya sudah siap dikunjungi wisatawan saat libur Lebaran esok.

Baca Lainnya : Sambut Libur Lebaran, Malioboro Mulai Bersolek untuk Sambut Wisatawan

"Dari pengalaman sebelumnya, kami optimistis target pengunjung sebanyak 300.000 ini akan tercapai," ujar Asti, Minggu (9/6).

Ia menambahkan, Dispar setempat masih mengandalkan wisata pantai Gunung Kidul sebagai destinasi utama kunjungan wisatawan. Disusul, Gua Pindul, Kalisuci, serta Gunung Api Purba Nglanggeran.

Asti menegaskan, pihaknya akan melakukan pemantauan terhadap kondisi destinasi wisata, untuk memastikan kenyamanan dan keamanan wisatawan.

Pihaknya juga akan melakukan penambahan personel penjaga tempat pemungutan retribusi serta petugas kebersihan.

Diketahui, Dispar Gunung Kidul juga bekerja sama dengan berbagai instansi yakni Satpol PP, Dinas Kesehatan, Kepolisian, Kodim 0730, kecamatan dan desa yang memiliki destinasi wisata, serta Dinas Perhubungan.

"Total ada 530 personel yang disiapkan untuk menjaga keamanan. Kami berupaya semaksimal mungkin memberikan pelayanan kepada wisatawan, karena kami menyadari sektor pariwisata merupakan urat nadi perekonomian Gunung Kidul," imbuhnya.

Baca Lainnya : Indahnya Gunung Padang, Kini Siap Sambut Wisatawan Libur Lebaran

Di sisi lain, Kepala Dinas Perhubungan Gunung Kidul, Syarif Armunanto menambahkan, jalur Yogyakarta-Wonosari umumnya padat selepas Hari Raya Lebaran. Pemudik diprediksi akan melakukan kunjungan ke berbagai destinasi wisata yang puncaknya pada 17 sampai 19 Juni 2018.

"Untuk itu kami sudah mempersiapkan beberapa jalur alternatif untuk mengantisipasi adanya kepadatan lalu lintas," tandasnya. [RN]

Editor : Syahroni

Berita Terkait

29 Jan 2021
12 Jan 2021
24 Des 2020