trubus.id
Tutup Perayaan Hari Lingkungan Hidup Sedunia, KPC Bersih-bersih Ciliwung

Tutup Perayaan Hari Lingkungan Hidup Sedunia, KPC Bersih-bersih Ciliwung

Ihsan Maulana - Selasa, 05 Jun 2018 19:15 WIB

Trubus.id -- Ditjen Perhutanan Sosial dan Kehutanan (PSKL) dan Komunitas Peduli Ciliwung (KPC), menggelar pertemuan dalam rangka peningkatan kapasitas komunitas di momen Hari Lingkungan Hidup Sedunia di Bogor, Selasa (5/6). Usai pertemuan, acara ditutup dengan aksi bersih-bersih sungai Ciliwung yang melintas di wilayah Sempur, Kota Bogor. 

Meski bertepatan dengan momen bulan Ramadan, namun antusias para peserta yang berasal dari perwakilan KPC sangat tinggi saat membersihkan sampah dari hulu ke hilir.

Baca Lainnya : Hari Lingkungan Hidup, KLHK Ajak Kelola Sampah Plastik Lebih Serius

Dengan berjalan kaki menuju lokasi dari lokasi pertemuan di daerah Pajajaran, mereka tidak hentinya tertawa dan tersenyum sembari bertekad untuk membersihkan sungai. 

Setelah kira-kira berjalan kaki sejauh satu kilometer, para peserta tiba di pinggir sungai Ciliwung, tepatnya di bawah jembatan Sempur. Dengan sigap, para peserta yang berjumlah puluhan orang berusia 40 tahun ke atas ini langsung mencari sampah terutama sampah plastik, yang terselip di antara bebatuan dan yang terbawa arus air untuk dimasukan ke dalam karung yang sudah disiapkan.

"Jadi, kegiatan aksi lingkungan hari ini yang bersamaan dengan peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia, dengan tema kendalikan sampah plastik. Kegiatan ini salah satunya bertujuan untuk pemulihan lingkungan khususnya di DAS Ciliwung Kelurahan Sempur," ujar Kasubdit komunitas penyelamat sumberdaya, Direktorat Kemitraan Lingkungan, Ditjen Perhutan Sosial dan Kemitraan Lingkungan, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Umi Rusyanawati kepada Trubus.id di lokasi, Selasa (5/6).

Lebih lanjut, Wati berharap kegiatan ini bisa sedikit banyak mengurangi adanya sampah plastik di lingkungan masyarakat khususnya di sungai.

Baca Lainnya : KLHK  Rayakan Hari Lingkungan Hidup Bersama Komunitas Peduli Ciliwung

"Mudah-mudahan dengan gerakan aksi ini, sampah plastik akan semakin berkurang khususnya di daerah aliran sungai Ciliwung ini," tutupnya.

Hal ini terbukti, karena baru beberapa menit saja, sudah terkumpul sekitar 5 karung sampah yang berhasil diambil dari aliran sungai Ciliwung. [RN]

Editor : Syahroni

Berita Terkait

20 Nov 2020
20 Nov 2020
17 Nov 2020