trubus.id
Saluran Irigasi Kalibawang Ditutup, Peternak Ikan Lakukan Panen Paksa

Saluran Irigasi Kalibawang Ditutup, Peternak Ikan Lakukan Panen Paksa

Ihsan Maulana - Selasa, 05 Jun 2018 14:00 WIB

Trubus.id -- Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta mengimbau, setiap pembudidaya ikan khususnya di lima kecamatan yang terdampak ditutupnya saluran irigasi Kalibawang, bisa menggunakan air sumur dalam mencukupi kebutuhan air kolam ikan.

Terkait hal ini, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kulon Progo, Sudarna mengungkapkan, ditutupnya saluran irigasi Kalibawang berdampak pada pembudidaya ikan di Kecamatan Kalibawang, Nanggulan, Girimulyo, Sentolo, dan Pengasih harus melakukan panen paksa, karena kekurangan air.

Di beberapa kecamatan itu, pembudi daya ikan juga tidak bisa menenar benih, karena tidak memiliki alternatif pasokan air. Diketahui, ditutupnya saluran irigasi Kalibawang sudah sering terjadi setidaknya pada beberapa tahun terakhir. Untuk mengatasi hal ini, ratusan pompa air telah dikerahkan untuk diperbantukan kepada pembudi daya ikan.

Baca Lainnya: Satu Juta Peternak Siap Bermitra dengan Pengusaha, Minat?

"Kami memiliki program bantuan pompa air kepada pembudi daya ikan. Sehingga mereka bisa menggunakan air dari sumur, dan dampak penutupan saluran irigas Kalibawang tidak terlalu signifikan," lanjut Sudarna.

Di sisi lain, ia merasa optimistis penutupan saluran irigasi Kalibawang tidak berpengaruh pada target tahunan budi daya ikan di daerah setempat. Hal tersebut dikarenakan DKP sudah memprediksi bahwa setiap bulan Mei - Agustus, saluran irigasi Kalibawang ditutup untuk perawatan atau perbaikan.

"Dampaknya memang ada (dari penutupan), tapi tidak terlalu besar," imbuhnya.

Selain itu, Sudarna menilai panen paksa ikan di kawasan terdampak ditutupnya saluran irigasi Kalibawang malah diuntungkan karena tingginya permintaan pasar, yang membuat harga ikan tinggi.

"Sehingga, pembudi daya ikan bisa diuntungkan dengan tingginya permintaan pasar," tutupnya.

Editor : Karmin Winarta

Berita Terkait

12 Jan 2021
24 Des 2020
21 Des 2020