trubus.id
Aktivis Lingkungan Minta Pemerintah Tindak Pencemar Danau Toba

Aktivis Lingkungan Minta Pemerintah Tindak Pencemar Danau Toba

Astri Sofyanti - Selasa, 05 Jun 2018 09:36 WIB

Trubus.id -- Salah satu aktivis lingkungan, Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (Walhi) Sumatera Utara (Sumut) meminta pemerintah melalui Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK)  menindak tegas perusahaan yang melakukan pencemaran di kawasan Danau Toba.

Direktur Eksekutif Walhi Sumut, Dana Prima Tarigan mengatakan perusahaan yang tidak mematuhi ketentuan yang telah ditetapkan pemerintah terkait aturan dilarang membuang limbah ke Danau Toba harus diberikan tindakan tegas agar ada efek jera bagi pelaku.

“Selama ini pemerintah sudah cukup mengigatkan kepada perusahaan untuk menjaga kelestarian lingkungan di kawasan Danau Toba mengingat Danau Toba sebagai tujuan destinasi utama yang ada di Sumut,” kata Dana di Medan, Selasa (5/6).

Baca Lainnya: Pencemaran Lingkungan Berdampak pada Pariwisata Danau Toba

Meski begitu pada kenyataannya air Danau Toba masih juga terkontaminasi limbah yang berasal dari perusahaan di sekitar kawasan Danau Toba.

Lebih lanjut Dana mengatakan pencemaran yang terjadi di Danau Toba itu, bisa saja akibat danya kegiatan budidaya ikan dengan menggunakan keramba jaring apung (KJA) dan makanan ikan berupa pelet yang mengandung bahan kimia.

Limbah yang dihasilkan oleh sejumlah hotel dan warga masyarakat dengan sengaja membuang sampah di perairan Danau Toba.

Selain itu, ia juga mengatakan para pengusaha budidaya ikan dengan menggunakan KJA, juga harus mendukung program pemerintah untuk menjadikan kawasan Danau Toba bebas dari pencemaran lingkungan.

Para pengusaha juga diharapkan dapat mematuhi imbauan yang dikeluarkan oleh pemerintah agar tidak memperbanyak KJA di perairan Danau Toba.[KW]

Editor : Karmin Winarta

Berita Terkait

20 Nov 2020
20 Nov 2020
17 Nov 2020