trubus.id
Peristiwa » BBKSDA Panggil Pengirim Kulit Ular dan Biawak Sebe...
BBKSDA Panggil Pengirim Kulit Ular dan Biawak Seberat 31 Kilogram Lewat Bandara

BBKSDA Panggil Pengirim Kulit Ular dan Biawak Seberat 31 Kilogram Lewat Bandara

Thomas Aquinus - Minggu, 03 Jun 2018 23:00 WIB

Trubus.id -- Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau tengah mengusut temuan paket berisi kulit ular dan biawak seberat 31 kilogram lebih. Sebelumnya, paket itu berusaha diselundupkan dengan jasa pengiriman di Bandara Sultan Syarif Kasim II Kota Pekanbaru.

Kepala Bidang Teknis KSDA Mahfud kepada wartawan menyebut pengirim barang itu sudah diketahui. Hanya saja, dia tak menyebut siapa pengirim paket untuk dikirim memakai Pesawat Citilink itu.

"Senin depan ini akan dipanggil," singkat Mahfud, Minggu (3/6/2018) siang.

Baca Lainnya : Ular Sepanjang 7 Meter Tiba-tiba Muncul dari Selokan Rusun Kebon Kacang, Dari Mana Asalnya?

Sebelumnya, Executive General Manager (EGM) Bandara Internasional SSK II Pekanbaru Jaya Tahoma Sirait menyebut paket berisi kulit ular dan biawak seberat 31,3 kilogram diamankan oleh petugas Absec Operator X-Ray Bandara SSK II pada Jumat (1/6/2018).

Pada kedua paket ditemukan kertas resi tertulis berisi pakaian yang akan dikirimkan ke Jakarta menggunakan pesawat Citilink QG 937. Pengiriman menggunakan kargo ekspedisi J&T tujuan Jakarta.

"Temuan barang kiriman kargo tidak sesuai dengan pemberitahuan. Nomornya SMU 888-2159-9911 via Citilink QG 937 CGK tujuan Jakarta," kata Jaya.

Baca Lainnya : Ular Piton Sebesar Batang Pohon Pinang, Bikin Geger Warga Kalbar

Dia menjelaskan, temuan paket berisi kulit ular dan biawak berawal dari kecurigaan petugas Avsec Operator X-Ray, karena ada tampilan aneh di layar monitor.

"Setelah dilakukan pengecekan secara manual, petugas melihat isi paket kulit hewan dua koli dengan berat 31,3 kilogram. Selanjutnya kita serahkan ke BBKSDA Riau," ucap Jaya.

Semua kulit ular dan biawak itu sudah diserahkan ke BBKSDA Riau yang berkantor di Jalan HR Soebrantas, Kota Pekanbaru. [NN]


 

Editor : Thomas Aquinus

Berita Terkait

29 Jan 2021
12 Jan 2021
24 Des 2020