trubus.id
Peristiwa » BPBD Sleman Terus Lakukan Upaya Mitigasi Bencana G...
BPBD Sleman Terus Lakukan Upaya Mitigasi Bencana Gunung Merapi

BPBD Sleman Terus Lakukan Upaya Mitigasi Bencana Gunung Merapi

Ihsan Maulana - Sabtu, 26 Mei 2018 16:02 WIB

Trubus.id -- Berbagai upaya penanggulangan dilakukan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sleman, di kawasan lereng merapi. Salah satu upaya itu adalah pendampingan mitigasi bencana, khususnya di sekolah-sekolah di kawasan lereng Gunung Merapi.

"Selain itu kami juga menyiapkan sejumlah armada untuk evakuasi di sekolah-sekolah tersebut," ujar Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Sleman, Makwan, Sabtu (26/5).

Baca Lainnya : Gunung Merapi Masih Bergejolak, Menko PMK Minta Warga Terus Waspada

Ia menjelaskan, sekolah-sekolah yang mendapatkan pendampingan yakni SD Sanjaya Tritis, SD Kaliurang 1, SD Kaliurang 2, SD Srunen, SD Kepuharjo, SD Umbulharjo, serta SD Glagaharjo.

"Kami juga terus melakukan patroli kawasan di wisata di lereng Merapi, serta melakukan pantauan di lokasi penambangan pasir/galian C di Sungaui Gendol," lanjutnya.

Makwan mengatakan, BPBD Sleman bersama dengan Dinas Sosial serta Baznas Kabupaten Sleman, sudah melakukan droping logistik ke titik kumpul warga di Balai Desa Glagaharjo, dan rumah Heru Susanto di Dusun Tritis.

"Sementara jumlah warga yang berada di titik kumpul semalam yakni rumah Heru Susanto ada 71 jiwa dan di Balai Desa Glagaharjo 155 jiwa," imbuhnya.

"Hasil pemantauan visual Gunung Merapi melalui pengamatan langsung maupun CCTV, saat ini berkabut/tidak tampak, sedangkan pantauan seismik merapi "LANDAI" pada Sabtu pukul 00.01 hingga 07.00 WIB," sambungnya.

Baca Lainnya : BPPTKG Memprediksi, Sifat Letusan Gunung Merapi Mengarah ke Efusif

Masyarakat juga diimbau tidak panik, dan tetap beraktifitas seperti biasa seraya meningkatkan kewaspadaan. Kemudian gunakan alat pelindung diri (APD), seperti masker, kacamata, jaket, penutup kepala dan alas kaki, jika beraktivitas di luar rumah.

Di sisi lain, masyarakat diharapkan bisa lebih cermat dalam pemahaman berita dan informasi yang beredar, teliti dan cermati info, sumber, waktu dan caption. [RN]
 

Editor : Syahroni

Berita Terkait

29 Jan 2021
12 Jan 2021
24 Des 2020