trubus.id
Dinas Lingkungan Hidup Madiun, Manfaatkan Sampah untuk Mandi Sauna

Dinas Lingkungan Hidup Madiun, Manfaatkan Sampah untuk Mandi Sauna

Syahroni - Sabtu, 26 Mei 2018 09:00 WIB

Trubus.id -- Masalah pengolahan sampah kini cukup tertangani dengan baik oleh Dinas Lingkungan Hidup Kota Madiun. Bahkan berkat inovasi mereka, sampah kini bisa berguna untuk kesehatan

Yah, sudah 1 minggu terakhir, Dinas Lingkungan Hidup Kota Madiun mengolah sampah menjadi gas metan yang kemudian digunakan untuk mandi uap atau sauna. kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Madiun, Suwarno mengatakan, untuk saat ini, inovasi baru itu baru diterapkan di Tempat Pembuangan Akhir Winongo di kecamatan Manguharjo, Kota Madiun.

Baca Lainnya : ITF, Solusi Tepat Buat Jakarta Mengatasi Sampah

"Ini temuan baru buat kita, mandi sauna di mana uap yang digunakan itu berbahan baku awal dari limbah sampah. Tapi tentu dengan berapa proses tahapan, dari sampah menjadi gas metan," jelas Suwarno di TPA Winongo, Jumat (25/5) kemarin.

Ia menjelaskan, uap untuk sauna yang digunakan berupa gas metan yang diolah dari proses fermentasi sampah yang telah dikubur di dalam tanah selama 5 bulan hingga satu tahun. 

Di dalam timbunan sampah itu kemudian dipasang pipa-pipa untuk mengalirkan gas metan langsung ke Ruang Mandi Sauna yang ada di TPA Winongo. 

Namun diakui Suwarno, mandi sauna dengan bahan baku gas metan dari sampah ini baru sampai pada tahap uji coba. Ini pun baru berjalan selama sepekan terakhir. 

Baca Lainnya : Pemprov Jakarta Siap Bangun Pengolahan Sampah Jadi Energi Terbesar di Indonesia

Yang mencoba juga baru sebatas para pekerja di TPA Winongo Kecamatan Manguharjo. Biasanya mereka mandi sauna saat istirahat siang ataupun sebelum pulang.

"Karena baru seminggu ini percobaan jadi baru pegawai saja yang sudah menikmati mandi uap dengan gas metan hasil dari uap sampah ini," ungkap Suwarno. [RN]

Editor : Syahroni

Berita Terkait

20 Nov 2020
20 Nov 2020
17 Nov 2020