trubus.id
Gunung Merapi Erupsi Lagi, Warga Sekitar Ramai-Ramai Mengungsi

Gunung Merapi Erupsi Lagi, Warga Sekitar Ramai-Ramai Mengungsi

Astri Sofyanti - Kamis, 24 Mei 2018 09:51 WIB

Trubus.id -- Gunung Merapi kembali mengalami letusan freatik, Kamis dini hari sekitar pukul 02.56 WIB. letusan tersebut tercatat amplitudo maksimal 60mm, tinggi kolom 6000 meter, arah Barat dengan durasi empat menit. Kondisi ini membuat sejumlah warga mulai meninggalkan rumah ke tempat pengungsian.

“Warga yang kemarin meninggakan barak, dini hari tadi mulai kembali kembali ke barak pengungsian,” kata Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sleman Makwan, di Sleman, Kamis (24/5).

Warga diungsikan ke barak-barak pengungsian yang disediakan BPBD di sejumlah lokasi seperti di Balai Desa dan rumah kepala dusun yang masuk pada jarak aman.

"Ada yang di Balai Desa Glagaharjo, Cangkringan dan beberapa titik lainnya. Saat ini kebutuhjan logistik para pengungsi ini masih tercukupi," sambungnya.

"Letusan terdengar dari semua pos pengamatan Gunung Merapi," ungkap Makwan.

Dikatakan Makwan sampai saat ini Gunung Merapi tampak tertutup kabut

"Informasi status aktivitas Gunung Merapi dari BPPTKG Yogyakarta pada saat ini masih waspada," paparnya.

Meski begitu, ia tetap mengimbau seluruh warga untuk tidak panik dan tetap beraktivitas seperti biasa serta meningkatkan kewaspadaan.

"Gunakan alat pelindung diri (APD) apabila beraktivitas di luar rumah berupa masker, kacamata, jaket, penutup kepala dan alas kaki, dan ikuti arahan petugas yang ada di lapangan bila terjadi situasi darurat, berhati-hati dalam berkendara dan utamakan tertib lalu lintas," tuturnya.

Bagi warga yang ingin memperbarui informasi terkait erupsi freatik Gunung Merapi, bisa mengaksesnya melalui akun resmi dari Twitter: @BPPTKG, @StaklimJogja @pusdalopssleman, facebook: Pusdalops Bpbd Kabupaten Sleman serta Instagram: pusdalopssleman.[KW]

Editor : Karmin Winarta

Berita Terkait

19 Okt 2020
19 Okt 2020
15 Okt 2020