trubus.id
Satwa Liar Berpotensi Turun Gunung Akibat Erupsi Merapi,  Bagaimana Warga Menyikapi?

Satwa Liar Berpotensi Turun Gunung Akibat Erupsi Merapi, Bagaimana Warga Menyikapi?

Ihsan Maulana - Rabu, 23 Mei 2018 10:31 WIB

Trubus.id -- Makin bergeliatnya aktivitas Gunung Merapi beberapa hari ini menyedot perhatian masyarakat. Tentu, aktivitas dari salah satu gunung api teraktif di Indonesia ini juga berdampak pada satwa liar yang hidup di sekitar lereng gunung.

Terkait dengan itu, Balai Taman Nasional Gunung Merapi (TNGM) juga mengimbau kepada masyarakat untuk bersikap bijak, apabila melihat pergerakan satwa yang dapat terjadi karena peningkatan aktivitas gunung tersebut.

Kepala Balai TNGM, Ammy Nurwati menjelaskan, pihaknya sudah mengeluarkan imbauan khusus dalam bentuk surat edaran akan aktivitas satwa liar yang turun mencari tempat aman, dengan status waspada gunung Merapi saat ini.

"Jadi pergerakan satwa ini mungkin melalui permukiman, sawah, kebun, sungai, dan jalan yang merupakan tempat aktivitas manusia. Jadi kami imbau masyarakat sekitar kawasan TNGM, jika menjumpai satwa yang diduga dari kawasan TNGM supaya menyikapinya dengan bijaksana," ujar Ammy, saat dihubungi awak media, Rabu (23/5).

Sampai saat ini, ia mengaku jika pihaknya belum menerima laporan dari masyarakat, terkait adanya satwa yang turun gunung dari Taman Nasional Gunung Merapi.

"Satwa yang ada di TNGM beragam, seperti monyet ekor panjang, kancil, rusa timor dan sebagainya, tapi sejauh ini belum ada laporan satwa yang turun ya," tandasnya.

 

Video Menarik:

Editor : Karmin Winarta

Berita Terkait

26 Okt 2020
19 Okt 2020
19 Okt 2020