trubus.id
Ramadan » Susah BAB Selama Puasa, Ini 4 Cara Mengatasinya
Susah BAB Selama Puasa, Ini 4 Cara Mengatasinya

Susah BAB Selama Puasa, Ini 4 Cara Mengatasinya

Ayu Setyowati - Kamis, 24 Mei 2018 13:45 WIB

Trubus.id -- Selain lemas, susah buang air besar adalah salah satu masalah yang paling banyak dikeluhkan ketika berpuasa, yang biasanya terjadi di masa-masa awal puasa. Well, perubahan pola makan saat puasa tentu saja memengaruhi sistem pencernaan kamu. 

Jadi tak heran kalau kamu lebih mudah sembelit ketika puasa. Belum lagi perempuan memang lebih rentan terkena masalah buang air besar. Dibandingkan pria, perempuan dua kali lebih mudah terkena sembelit!

Namun mengatasi masalah yang satu ini sebenarnya gampang, loh. Coba lakukan empat hal mudah ini untuk mengatasi susah buang air besar selama puasa. 

1. Pastikan Asupan Cairan Cukup

Tidak minum selama 13 jam bukan berarti kamu jadi tidak memperhatikan asupan cairan tubuh. Penting untuk menjaga diri kamu agar tidak dehidrasi selama puasa, karena kekurangan cairan tubuh akan menyebabkan kamu sulit mengeluarkan kotoran yang berujung sembelit. Untuk wanita, kamu sebaiknya minum 2,4 liter per hari.

Meskipun bagi sebagian orang minuman berkafein, seperti teh, kopi, dan soda, bisa bikin mulas dan segera ingin ke kamar mandi, sebaiknya hindari dulu minuman tersebut. Ini karena minuman berkafein "memperlancar" saluran kencing. Akibatnya, tubuh akan mengeluarkan lebih banyak air dari tubuh. Tentunya jika sedang puasa, hal ini bisa membuat kamu lebih mudah sembelit.

2. Perbanyak Serat

Mengonsumsi lebih banyak gorengan daripada buah dan sayur ketika berbuka jelas bisa menyebabkan masalah sembelit. Meskipun kini sudah banyak suplemen serat, namun cara terbaik untuk mendapatkan serat adalah lewat makanan. Beberapa makanan yang kaya akan serat adalah apel, brokoli, bayam, kacang-kacangan, brown rice, dan nasi merah. Para ahli merekomendasikan mengonsumsi serat 20-35 gram setiap hari.

Namun, tiba-tiba mengubah asupan serat pada pola makan bisa menyebabkan kamu mudah kembung dan buang gas. Tambah asupan serat secara perlahan selama beberapa kali makan.

3. Konsumsi Makanan Probiotik

Ususmu dipenuhi jutaan bakteri, dan probiotik dapat melawan bakteri jahat serta membantu mengembalikan bakteri baik. Yoghurt, sup miso, minuman probiotik, dan beberapa keju adalah beberapa makanan probiotik. Manfaat dari makanan ini biasanya akan lebih maksimal kalau dibarengi dengan mengonsumsi prebiotik, yang terdapat pada bawang bombai, pisang, asparagus, dan bawang putih. Pastikan makanan tersebut jadi menu untuk sahur dan berbuka kamu, ya.

4. Hindari Makanan Olahan

Makanan yang telah diproses (olahan) tidak memiliki kandungan serat yang cukup. Tidak hanya itu, makanan ini biasanya memiliki kandungan sodium yang tinggi, cenderung lebih berminyak dan berlemak. Hal ini membuat makanan ini lebih sulit dicerna. Untuk memastikan sistem pencernaan yang lancar selama puasa, sebaiknya hindari dulu makanan berproses. Contohnya, junk food, sosis, kentang goreng, mie instan, serta makanan siap saj lainya. [KW]

Editor : Karmin Winarta

Berita Terkait

29 Jan 2021
12 Jan 2021
24 Des 2020