trubus.id
Tips Mengelola THR Agar Tak Habis Sia sia

Tips Mengelola THR Agar Tak Habis Sia sia

Ayu Setyowati - Kamis, 01 Jan 1970 00:00 WIB

Trubus.id -- Salah satu yang paling ditunggu oleh karyawan menjelang Lebaran adalah pembagian THR (Tunjangan Hari Raya). Karena pada saat itu, berarti kita menerima gaji dua kali lipat dari biasanya. Tapi yang banyak terjadi, THR justru membuat kalap dan semakin konsumtif. Akhirnya, THR seperti raib sia-sia karena kita tak tahu cara mengelola keuangan dengan benar. Enggak mau, kan? 

Lantas bagaimana cara mengelola THR dan bonus Lebaran agar tidak segera ludes karena impulsive buying

Mengutip Okezone, perencana keuangan Andy Nugroho mengatakan, pemanfaatan THR haruslah bijak. Apalagi, mengingat momentum Lebaran terjadi pada pertengahan bulan. Artinya, masih ada beberapa minggu lagi yang dibutuhkan hingga menuju gajian selanjutnya. Otomatis kita juga dituntut agar menyisihkan THR untuk kebutuhan pada bulan mendatang. 

Ingat, ya. We don’t live only for today, Trubus Mania

Bagi kamu yang masih lajang, disarankan agar menyisihkan THR untuk kebutuhan transportasi, cicilan bulanan baik itu kartu kredit, rumah, ataupun mobil. Kemudian, bagi perantau agar tidak lupa untuk menyisihkan pembayaran untuk kamar kos, hingga uang makan sehari-hari. Sementara untuk yang sudah berkeluarga juga sama. Namun ditambah dengan menyisihkan uang SPP anak, zakat, hingga utang. 

Baca Lainnya : Kesempatan Detoksifikasi, Perhatikan Asupan Makanan Sehat Selama Bulan Puasa

Jika kamu berencana untuk mudik, jangan lupa siapkan anggarannya. Kamu bisa merencanakan dan berburu tiket dari jauh-jauh hari. Lebih baik lagi jika tiket mudik tidak bergantung pada THR karena tabungan yang telah disisihkan jauh hari sebelum lebaran. Ditambah lagi, harga tiket menjelang hari raya bisa selangit, loh. 

Jika semua kebutuhan bulanan tersebut sudah disisihkan dari THR ataupun bonus, maka selanjutnya THR atau bonus baru boleh dimanfaatkan untuk kebutuhan lainnya. Dengan begitu, maka ketika Lebaran usai, kamu tidak akan kewalahan menyisihkan untuk kebutuhan bulanan.

Nah, secara teknis, begini cara menyiasatinya. 

Hemat Selama Puasa

Dengan berhemat selama puasa berarti memberi kamu dana lebih lagi saat Lebaran. Caranya bisa dengan memasak sendiri makanan untuk berbuka dan sahur serta membatasi buka puasa bersama di luar. 

Pisahkan Gaji dan THR

Pisahkan gaji dan THR agar kamu lebih disiplin dalam menggunakan uang. Gunakan gaji pokok untuk membiayai kebutuhan bulanan seperti biasa. Lalu prioritaskan THR untuk membayar kewajiban dan pengeluaran ekstra saat hari raya tiba.

Buat Anggaran Khusus

Buat anggaran khusus untuk hari raya. Jangan lupa memasukkan mudik, membeli baju baru, kebutuhan makanan Lebaran atau membeli bingkisan parcel untuk rekan-rekan sampai membagikan ‘angpao’ untuk keponakan.

Membagi THR

Menurut sejumlah konsultan perencana keuangan, kamu harus mengelola uang THR sebagaimana mengelola gaji bulanan biasa (100%), minus utang maksimal (30%), minus investasi minimal (10%). Jadi sisa uang THR yang digunakan kurang lebih sebesar 60 persen dari THR saja. [NN]

Editor : Thomas Aquinus

Berita Terkait

20 Nov 2020
20 Nov 2020
17 Nov 2020