trubus.id
Segarnya Jus Nipah,  Buah Unik dari Pesisir Aceh Singkil

Segarnya Jus Nipah, Buah Unik dari Pesisir Aceh Singkil

Karmin Winarta - Rabu, 23 Mei 2018 14:30 WIB

Trubus.id -- Jus buah memang bagus untuk kesehatan, jika tidak ditambah gula dan susu berlebihan.  Hampir semua jenis buah bisa dibuat jus, bahkan sayuran dan umbi-umbian. Di bulan Ramadan, jus menjadi salah satu takjil favorit untuk berbuka puasa selain kolak.

Warga di Aceh, tepatnya di Pulosarok, Singkil, Aceh Singkil saat ini mempunyai minuman favorit untuk berbuka puasa, yakni jus buah nipah. 

Bagi Trubus Mania yang mungkin belum tahu soal nipah, tumbuhan ini adalah sejenis palem yang hidup di pantai atau di lingkungan hutan bakau. Tanaman ini mempunyai banyak nama seperti  buyuk, bhunyok, bobo atau boboro.

Putra, salah satu penjual jus nipah mengatakan, "Selama bulan Ramadan, jus buah nipah dijual setiap sore menjelang buka puasa. Pembelinya banyak, jus ini sangat laris manis, " katanya.

Buah nipah bentuknya seperti kolang-kaling. 

Untuk memenuhi permintaan konsumen yang terus bertambah, Putra bersama rekannya, Ryan membua dua kedai minuman jus nipah. Ia mempromosikan minuman khas baru pesisir ini agar lebih banyak warga yang menikmati segarnya jus buah nipah. 

Dua pemuda yang baru saja lulus kuliah ini mengawali bisnisnya baru beberapa waktu lalu. Ia melihat peluang yang selama ini tidak dimanfaatkan banyak orang. Berdua, mereka lalu meracik jus buah nipah. Hasil racikannya itu kemudian ia pasarkan saat acara HUT Kabupaten Aceh Singkil di Pantai Pulosarok, Aceh Singkil selama sepekan.

Ternyata, sambutan warga sangat antusias. 

"Banyak pelanggan setelah mencicipi jus nipah racikan kami, ketagihan, apa lagi saat waktu dan sore hari " katanya.

Selama bulan Ramadan, ia membuat strategi baru. Selain menyediakan jus yang bisa dipesan ditempat, ia juga melayani pesan antar(delivery order).

Untuk menambah rasa jus biar lebih enak mereka menambahkan susu dan es batu.  

 Selama ini nipah hanya dimanfaatkan daunnya untuk pembungkus rokok tradisional, khususnya di daerah pesisir pantai. Buah nipah belum banyak yang memanfaatkan secara maksimal. Yang paling sering mengonsumsi buah ini biasanya nelaya yang baru pulang mancing. Satu porsi jus buah nipah ia jual 8 ribu sampai 10 ribu rupiah saja. Trubus Mania penasaran? [KW]

 

Video Menarik: 

 

Editor : Karmin Winarta

Berita Terkait

20 Nov 2020
20 Nov 2020
17 Nov 2020