trubus.id
Cianjur Jadi Kampung Kolang-kaling Setiap Ramadan

Cianjur Jadi Kampung Kolang-kaling Setiap Ramadan

Astri Sofyanti - Selasa, 22 Mei 2018 11:45 WIB

Trubus.id -- Setiap bulan Ramadan banyak orang mencari kolang-kaling sebagai menu berbuka andalan. Bahkan permintaan kolan-kaling menjadi begitu banyak saat Ramadan tiba sampai Idul Fitri.

Hal ini menjadi berkah tersendiri bagi masyarakat di Kampung Kedunghilir, Desa Sukamanah, Kecamatan Cugenang, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. Kampung ini lebih dikenal sebagai Kampung Curuluk alias Kampung Kolang-kaling.

Setiap bulan Ramadan kampung tersebut menjadi lebih bergeliat karena pemesanan kolang-kaling meningkat drastis.

Asep Jaenudi salah satu pengusaha kolang-kaling di kampung ini bisa mendapat pemesanan kolang-kaling sampai satu ton setiap minggu ke berbagai daerah.

Mayoritas warga di kampung Curuluk memeng terkenal sebagai petani buah aren untuk menghasilkan kolang-kaling.

“Setiap Ramadan hampir semua warga di sini menjadi pengrajin kolang-kaling musiman untuk memenuhi permintaan pasar yang banyak, baik di Cianjur maupun Jabodetabek,” ucap Asep Jaenudi pada wartawan, baru-baru ini.

Untuk memenuhi pesanan tersebut, biasanya para pengrajin melibatkan anggota keluarganya atau warga lainnya dalam memproduksi bahan makanan yang dipanen dari buah dari buah aren itu.

“Tak hanya orang dewasa, anak-anak pun turut membantu orangtuanya mengumpulkan kolang-kaling setiap hari mulai dari pemanenan, pengolahan, sampai pengemasan,” sambungnya.

Alat yang digunakan untuk menghasilkan kolang-kaling juga terbilang masih sederhana. Buah aren yang sudah dipetik dari pohon selanjutnya direbus sampai matang, kemudian setelah matang dikupas dan ditumbuk terlebih dahulu agar terlihat pipih dan teksturnya kenyal.

“Dalam satu minggu biasanya kami bisa memproduksi sampai tiga kuintal kolang-kaling, kalau lagi puasa malah bisa mencapai 1 ton, harga kolang-kaling yang kami jual saat ini Rp10.000 per kilogram," ungkap Asep.

Editor : Karmin Winarta

Berita Terkait

20 Nov 2020
20 Nov 2020
17 Nov 2020