trubus.id
Pulihkan Energi Setelah Puasa, Pilih 5 Makanan Ini untuk Berbuka

Pulihkan Energi Setelah Puasa, Pilih 5 Makanan Ini untuk Berbuka

Ayu Setyowati - Kamis, 17 Mei 2018 20:45 WIB

Trubus.id --Yes, puasa memang bukan halangan untuk beraktivitas. Karenanya, wajar saja sih kalau tubuh merasa lemas. Untuk memulihkan kembali energi di tubuh, berikut makanan sehat yang baik dikonsumsi saat berbuka puasa.

1. Kurma

Buah paling populer selama bulan puasa ini mengandung karbohidrat tinggi, di mana salah satu komponen pentingnya adalah fruktosa. Jenis gula alami yang disebut dengan fruktosa ini nantinya akan diolah oleh tubuh sebagai sumber energi. Itulah sebabnya makan kurma saat berbuka bisa memberikan stamina setelah seharian berpuasa.

Tak hanya itu, kurma juga kaya akan mineral, vitamin, serat, dan antioksidan yang baik untuk sistem pencernaan, fungsi otak, kesehatan tulang dan membantu tubuh menangkal radikal bebas. Bahkan, kurma memiliki potensi untuk mengendalikan kadar gula darah karena memiliki indeks glikemiks yang rendah, sehingga aman dikonsumsi untuk pasien diabetes.

2. Madu

Tahukan Trubus Mania kalau madu bisa jadi pengganti gula? Kalian bahkan bisa menggunakannya untuk membuat teh manis loh. Madu mengandung kalori tinggi karena kaya akan fruktosa, maltosa, sukrosa, dan glukosa. Tidak heran jika sangat direkomendasikan untuk dikonsumsi setelah olahraga.

Tentunya, madu sangat bermanfaat untuk memulihkan energi setelah puasa. Selain gula alami, madu mengandung banyak antioksidan tanpa lemak atau protein. Mampu meningkatkan kadar kolesterol baik dalam tubuh sehingga mencegah terjadinya peradangan dan menjaga tekanan darah tetap normal.

Baca Lainnya : Stroberi, Buah dengan Residu Pestisida Paling Banyak

3. Pisang

Jika tak sempat berbuka di rumah, pisang bisa dijadikan andalan untuk bekal berbuka di jalan. Selain mudah dimakan, kandungan pisang yang sebagian besar terdiri dari serat dan gula seperti glukosa, fruktosa, dan sukrosa, bisa jadi pendongkrak energi.

Selain itu, pisang juga mampu membuat kenyang lebih lama. Tentunya, sehat untuk pencernaan karena teksturnya yang lembut. Bahkan, kandungan kalium pada pisang membantu tubuh menurunkan tekanan darah.

4. Ubi jalar

Selain manis, ubi jalar mengandung tinggi karbohidrat, vitamin A, dan vitamin C yang berpotensi memulihkan tubuh dari kelelahan. Dilansir dari Dr. Axe, ubi jalar bisa ditambahkan sebagai menu makanan diet untuk pasien diabetes.

Kandungan serat pada ubi jalar bisa membantu memperlambat penyerapan gula, bisa mencegah terjadinya lonjakan kadar gula darah. Selain itu, kandungan antioksidannya mendukung kesehatan otak, sama seperti brokoli dan sayuran hijau lainnya.

Baca Lainnya : 7 Varietas Unggul Buah Anggur Indonesia, Tidak Kalah dari Impor

5. Apel

Apel menjadi buah yang aman untuk dimakan selama puasa. Walaupun rendah kalori, apel dapat menghasilkan energi bagi tubuh dengan kandungan vitamin dan mineralnya yang tinggi. Air, vitamin B, kalium, dan zat besi yang terkandung pada apel memengaruhi fungsi jantung dan otot, sehingga membantu memulihkan energi setelah puasa.

Digabung lebih baik

Kita bisa menikmati berbagai makanan yang telah disebutkan dengan berbagai cara. Contohnya, dengan membuat kolak yang berisi pisang dan ubi. Atau, membuat jus apel dengan madu sebagai penambah energi. Agar lebih praktis, tersedia madu yang sudah mengandung kurma, sehingga kita bisa mendapatkan kebaikan madu dan kurma langsung dalam satu kemasan. Campuran madu dan kurma ini bisa diminum langsung atau ditambahkan pada teh untuk berbuka agar dengan cepat mengembalikan energi tubuh setelah seharian berpuasa.

Selamat berbuka puasa, Trubus Mania! [DF]

Editor : Diah Fauziah

Berita Terkait

20 Nov 2020
20 Nov 2020
17 Nov 2020