trubus.id
Mendag: Berani Timbun Bapok Jelang Ramadan, Siap-siap Kena Hukuman

Mendag: Berani Timbun Bapok Jelang Ramadan, Siap-siap Kena Hukuman

Ihsan Maulana - Rabu, 16 Mei 2018 16:06 WIB

Trubus.id --Pemerintah melalui Menteri Perdagangan RI, Enggartiasto Lukita terus berupaya mengamankan stabilitas harga dan ketersediaan kebutuhan bahan pokok (Bapok) jelang Ramadan. Segala tindakan yang berpotensi untuk mengganggu hal itu pun dicegah. Termasuk tindakan penimbunan.

Karena itu, Enggar mengeluarkan ancaman kepada siapa saja yang berani menimbun bapok dengan tindakan tegas. Jika terbukti melakukan hal itu, para pelaku akan diproses secara hukum.

Baca Lainnya : Dalam Seminggu, Polri Ungkap 50 Kasus Penimbunan Bahan Pangan

"Jangan sampai hal itu terjadi karena tindakan tegas akan dilakukan bagi siapa saja yang sengaja menimbun bahan pokok di saat bahan permintaan di pasaran tidak ada dan harga naik, tapi di gudang melimpah," ujar Enggar di Semarang, Rabu (16/5).

Ia menegaskan, pemerintah menginginkan dan terus berupaya agar sepanjang bulan Ramadan dan Lebaran, semua bahan kebutuhan pokok sudah tersedia di pasar dengan harga terjangkau.

"Kita nanti akan sebarkan ratusan pegawai Kemendag untuk terjun langsung ke pasar di seluruh provinsi. Dengan tujuan memantau stok dan harga bahan pokok. Kalau ada gejolak langsung dicukupi stok dan distabilkan harganya," janji Enggar.

Baca Lainnya : Ini 3 Jurus Mendag, Untuk Stabilkan Harga dan Pasokan Bahan Pokok Jelang Lebaran

Kemendag juga akan bekerjasama dengan Polri dan kementerian terkait lain, dalam pemantauan stok dan harga kebutuhan pokok.

"Kemendag sendiri akan melakukan pemantauan langsung di 34 provinsi, agar pasokan dan harga bahan pokok dalam kondisi aman  dan stabil, khususnya untuk beras kualitas medium," tandasnya. [RN]

Editor : Syahroni

Berita Terkait

20 Nov 2020
20 Nov 2020
17 Nov 2020