trubus.id
Mengenal Tradisi Ngeyeuk Seureuh yang Dilakukan Raisa-Hamish

Mengenal Tradisi Ngeyeuk Seureuh yang Dilakukan Raisa-Hamish

Trubus.id - Rabu, 30 Agu 2017 22:30 WIB

Trubus.id -- Kabar gembira kembali berhembus dari pasangan yang akan segera melangsungkan pernikahan, Raisa Andriana dan Hamish Daud. Bertempat di kediaman Raisa di Jakarta, pelantun lagu Kali Kedua itu telah melangsungkan acara siraman dan pengajian, dilanjutkan tradisi pernikahan dengan adat sunda yaitu ngeyeuk seureuh.

Trubus Mania tahu enggak sih apa itu tradisi Ngeyeuk Seureuh? Tentu, tidak semua orang paham dan mungkin baru mendengar salah satu prosesi pernikahan dari adat Sunda ini.

Jika diartikan dalam bahasa Indonesia, ngeyeuk artinya meramu dan seureuh artinya sirih. Jadi, secara terminologi bahasa, ngeyeuk sirik berarti meramu sirih.

Dalam acara ini, kedua calon pengantin diberikan nasihat ketika menjalani bahtera rumah tangga. Dikutip dari akun Instagram Bridestory, Raisa memilih menjalani tradisi Sunda ini untuk menghormati tradisi keluarganya.

Selain itu, tradisi yang dilakukan di rumah mempelai wanita ini juga membutuhkan beberapa perlengkapan seperti sirih bertangkai, pinang bertangkai, padi sebanyak dua ikat, cobek, ulekan dan sebagainya.

Arti mendasar dari prosesi ngeyeuk seureuh sendiri adalah bagaimana kedua calon mempelai dapat menjalani kehidupan nanti setelah resmi menjadi suami istri dapat berjalan kompak dan harmonis.

Trubus Mania, kita sama-sama doakan ya, agar proses pernikahan Raisa dan Hamish dapat berjalan lancar hingga harinya nanti. [IM/DF]

Editor : Trubus.id

Berita Terkait

20 Nov 2020
20 Nov 2020
17 Nov 2020