trubus.id
Life » Bikin Pakan Burung Puyuh Sendiri, Lebih Hemat dan...
 Bikin Pakan Burung Puyuh Sendiri, Lebih Hemat dan Berkualitas

Bikin Pakan Burung Puyuh Sendiri, Lebih Hemat dan Berkualitas

Diah Fauziah - Selasa, 22 Mei 2018 07:00 WIB

Trubus.id -- Pakan burung puyuh dapat dibuat sendiri. Caranya dengan mencampurkan konsentrat protein dengan bahan pakan sumber energi seperti jagung, dedak atau pollard.

Konsentrat protein adalah gabungan dari beberapa pakan sumber protein yang diformulasikan sedemikian rupa. Perlu Trubus Mania ketahui, konsentrat protein buatan pabrik memiliki kandungan yang bervariasi, berkisar 35 hingga 45 persen.

Untuk membuat pakan burung sendiri, campurkan konsentrat protein dengan bahan pakan sumber energi (jagung, dedak atau pollard) dengan perbandingan 1:4 atau 1:5. Selain itu, peternak burung puyuh dapat mencampurkan 1 kilogram konsentrat protein dengan 4 hingga 5 kilogram jagung, dedek, atau pollard.

Agar hasilnya maksimal, jangan lupa untuk menambahkan sumber mineral, terutama kalsium dan phospor pada pakan yang dibuat. Peternak bisa menambahkan kalsium karbonat (CaCO3), dikalsium phospat (DCP), tepung tulang, tepung batu atau kapur sebanyak 2 hingga 3 persen.

Penambahan sumber mineral ini berfungsi untuk proses pembentukan kerabang telur, terutama bagi burung puyuh yang sudah mulai berproduksi. Selain sumber mineral makro seperti di atas, tambahkan juga premiks 0,5 persen untuk mengoptimalkan produksi puyuh.

Supaya pakan tidak terlalu berdebu, bisa ditambahkan CPO (minyak sawit) sebanyak 2 sampai 4 persen ke dalam campuran ransum. Bagaimana Trubus Mania, kalian tertarik membuat pakan burung puyuh sendiri? [DF]

Editor : Diah Fauziah

Berita Terkait

29 Jan 2021
12 Jan 2021
24 Des 2020